Jumat, 10 Maret 2017

10 Prinsip Tata Pemerintahan Yang Baik

10 Prinsip Tata Pemerintahan Yang Baik


1. Partisipasi                
MendorongSetiapWargaUntukMempergunakanHakDalamMenyampaikanPendapatDalam Proses PengambilanKeputusan, Yang MenyangkutKepentinganMasyarakatBaikSecaraLangsungMaupunTidakLangsung.
2. PenegakkanHukum
MewujudkanAdanyaPenegakkanHukum Yang AdilBagiSemuaPihakTanpaPengecualian, MenjunjungTinggi Ham Dan MemperhatikanNilai-Nilai Yang HidupDalamMasyarakat.
3. Transparansi
MenciptakanKepercayaanTimbalBalikAntaraPemerintah Dan MasyarakatMelaluiPenyediaanInformasi Dan MenjaminKemudahan Di DalamMemperolehInformasi Yang Akurat Dan Memadai
4. Kesetaraan
MemberiPeluang Yang SamaBagiSetiapAnggotaMasyarakatUntukMeningkatkanKesejahteraan-Nya.
5. DayaTanggap
MeningkatkanKepekaan Para PenyelenggaraPemerintahTerhadapAspirasiMasyarakatTanpaTerkecuali.
6. WawasanKeDepan
Membangun Daerah BerdasarkanVisi Dan Strategi Yang Jelas Dan MengikutsertakanWargaDalamSeluruh Proses Pembangunan, SehinggaWargaMerasaMemiliki Dan IkutBertanggungJawabTerhadapKemajuanDaerahnya.
7. Akuntabilitas
MeningkatkanAkuntabilitas Para PengambilKeputusanDalamSegalaBidang Yang MenyangkutKepentinganMasyarakat.
8. Pengawasan

MeningkatkanDayaPengawasanTerhadapPenyelenggaraanPemerintah Dan Pembangunan DenganMengusahakanKeterlibatanSwasta Dan MasyarakatLuas.
9. Efisiensi Dan Efektifitas
MenjaminTerselenggaranyaPelayananKepadaMasyarakatDenganMenggunakanSumberDaya Yang TersediaSecara Optimal Dan BertanggungJawab.
10. Profesionalisme

MeningkatkanKemampuan Dan Moral PenyelenggaraPemerintahan Agar MampuMemberiPelayanan Yang Mudah, Cepat, TepatDenganBiaya Yang Terjangkau.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar